PERBANYAKAN TANAMAN VEGETATIF DENGAN STEK

PERBANYAKAN TANAMAN VEGETATIF DENGAN STEK








Perbayakan secara vegetative adalah :

Vegetatif merupakan salah satu cara perbanyakan tumbuhan yang di lakukan secara tidak kawin .perbanyakan tanaman dengan menggunakan bagian-bagian tertentu dari tanaman seperti daun, batang, umbi, dan akar untuk menghasilkan tanaman baru yang sama dengan induknya.

Stek adalah :

                Stek merupakan cara perbanyakan tanaman secara vegetatif buatan dengan menggunakan sebagian akar,Batang,dan Daun tanaman untuk di tumbuhkan menjadi tanaman baru atau utuh

Persyaratan bahan stek adalah :

  • 1.       Batang / cabang tidak terlalu muda atau terlalu tua minimal berumur 1 tahun kecuali untuk   stek pucuk
  • 2.       Bebas dari serangan hama dan penyakit
  •     Warna batang atau pucuk masih segar, berwarna hijau utuh


Keberhasilan perbanyakan stek ditandai oleh terjadinya regenerasi akar dan pucuk bahan stek sehingga menjadi tanaman baru . regenerasi akar dan pucuk dipengaruhi oleh faktor dari dalam yaitu tanaman itu sendiri dan faktor dari luar yaitu lingkungan . salah satu yang mempengaruhi pertumbuhan adalah fitohormon yang berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh.

Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan stek adalah :

  1. Status air
Setek lebih baik diambil pada pagi hari dimana bahan setek dalam kondisi turgid.

  1. Cahaya
Durasi dan intensitas cahaya yang dibutuhkan tanaman sumber tergantung pada jenis tanaman, sehingga tanaman sumber seharusnya ditumbuhkan pada kondisi cahaya yang tepat.

  1. Kandungan karbohidrat
Untuk meningkatkan kandungan karbohidrat bahan setek yang masih ada pada tanaman sumber bisa dilakukan pengeratan untuk menghalangi translokasi karbohidrat. Pengeratan juga berfungsi menghalangi translokasi hormon dan substansi  lain yang mungkin penting untuk pengakaran, sehingga terjadi akumulasi  zat-zat tersebut pada bahan setek. Karbohidrat digunakan dalam pengakaran untuk membangun kompleks makromolekul, elemen struktural dan sebagai sumber energi.  Walaupun kandungan karbohidrat bahan setek tinggi,  tetapi jika rasio C/N rendah maka inisiasi akar juga akan terhambat karena unsur N berkorelasi negatif dengan pengakaran setek.

  1. Suhu
Suhu udara harian antara 21-27°C dengan suhu malam sekitar 15°C cukup baik untuk perakaran setek. Suhu di dalam media perlu di buat lebih tinggi di bandingkan suhu udara luar. Hal ini untuk menjaga agar transpirasi dapat di tekan, sedangkan pertumbuhan setek lebih cepat  (Ashari, 1995: 143).


Keuntungan dan kerugian stek adalah :

Keuntungan utama nya yaitu :

  • ·         dapat menghasilkan tanaman baru dengan mempunyai akar, batang, dan daun dalam waktu yang relatif singkat.
  • ·           Memiliki sifat yang sama dengan induk nya
  • ·          setek ini mudah dilakukan karena tidak menggunakan teknik-teknik khusus dibandingkan dengan perbanyakan tanaman secara vegetatif yang lain


Kerugian nya yaitu :
  • ·         Memiliki perakaran yang lemah , karena berkar serabut
  • ·         Tidak bisa digunakan untuk perbanyakan semua jenis tanaman
  •        Persentasi keberhasilan pertumbuhan rendah

0 Response to "PERBANYAKAN TANAMAN VEGETATIF DENGAN STEK"

Post a Comment