ALTERNATIF MEDIA TANAM HIDROGEL


HIDROGEL SEBAGAI MEDIA TANAM ALTERNATIF








HIDROGEL ADALAH kristal polimer yang berfungsi untuk menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah serapan sangat besar berbentuk kenyal kenyal seperti karet menyerupai agar agar bening transparan.

Hidrogel banyak dijumpai di jual di toko mainan karena biasanya di jual untuk anak anak sebagai mainan. hidrogel bisa di jumpai di rumah sebagai pajangan di vas karna benar bentuk nya yang warna  warni menarik untuk di lihat  bisa juga untuk jadi pajangan di ruang tamu.  Biasanya hidrogel berbentuk seperti kristal bening  dengan berbagai macam warna menarik seperti merah, biru, ungu, kuning, atau warna lain nya selain bisa menjadi sebagai media alternatif tanaman bisa juga untuk mempercantik dekorasi ruangan  anda.

contoh hidrogel sebagai media tanaman sebagai penghias ruangan
                                                   


Biasanya hidrogel digunakan sebagai media cocok untuk tanaman hias indoor seperti tanaman kaktus,succulen atau tanaman indoor lain nya sebagai media dasar. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pemilihan media tanam adalah hidrogel.  Hidrogel merupakan penemuan “baru” untuk mempermudah sistem pertanian hidroponik. Kristal-kristal polimer ini bisa dijadikan media tanam yang praktis karena sifatnya yang mampu menyerap air, sehingga tidak perlu penyiraman rutin seperti media tanah atau lainnya. Hidrogel diciptaan dalam berbagai warna menarik sehingga dapat lebih memperindah tampilan tanaman secara keseluruhan

Setelah ditemukan bahan ini, banyak orang yang telah memanfaatkannya untuk berbagai keperluan di dunia pertanian dan perkebunan karena memberikan dampak yang positif, yakni sebagai berikut:
  1. Dapat mengurangi frekuensi penyiraman pada tanaman
  2. Meningkatkan pertumbuhan tanaman karena selalu tersedianya air dan nutrisi
  3. Menekan angka kematian pada tanaman
  4. Tidak mencemari lingkungan, karena diuraikan secara alami oleh mikroba menjadi H2O, CO2, serta komponen Nitrogen
  5. Memastikan tersedianya air sepanjang tahun
  6. Menekan hilangnya air akibat dari evaporasi dan leaching
  7. Mengurangi pencemaran lingkungan dan tanah
  8. Mampu membentuk aerasi udara yang bagus


1 Response to "ALTERNATIF MEDIA TANAM HIDROGEL"

  1. jadi ngiler liatny. btw komen back ya https://deqqab.blogspot.com/2018/11/5-alasan-kota-tangerang-semakin-padat.html

    ReplyDelete