PEMBUATAN MEDIA MS KULTUR JARINGAN TANAMAN


PEMBUATAN MEDIA MS KULTUR JARINGAN TANAMAN









Media kultur menyediakan unsur hara baik makro maupun mikro, sumber vitamin dan asam amino, sumber karbohidrat, zat pengatur tumbuh, senyawa organik sebagai tambahan seperti air kelapa, bahan pemadat : agar-agar dan gelrite. Media dasar murashige and skoog (MS) termasuk media kultur yang komposisisi unsur nya lebih lengkap dibandingkan media dasar lain nya serta memiliki kandungan nitrat, kalium dan amonium yang tinggi, walaupun demikian perlu ditambah suplemen seperti air kelapa untuk mendorong pertumbuhan jaringan. Kisaran indeks (PH) media adalah 5,5 sampai 5,8 Komposisi dalam media Murashige and skoog (MS) digunakan untuk differensiasi sel. Keistimewaan media MS adalah kandungan nitrat, kalium, dan amonium nya yang tinggi.


            Pembuatan media kultur diawali dengan penyediaan larutan stok dari media Murashige and Skoog padat dilengkapi dengan 0,25 ml/l Benzyl Amino Purine, 0,5 mg/l Gibberilic Acid. Penggunaan larutan stok bertujuan untuk menghemat pekerjaan atau mempermudah setiap kali membuat media kultur. Selain itu garam mineral terutama mikronutrien dan vitamin di dalam media kultur diperlukan dalam jumlah yang relatif kecil oleh karena itu perlu di butuhkan stok untuk mempermudah penimbangan. Larutan stok yang disediakan antara lain larutan stok  makronutrien, larutan stok mikronutrien,  larutan stok vitamin, larutan stok myo inositol, larutan stok Fe-EDTA.


            Pembuatan media kultur dilanjutkan dengan persiapan alat dan bahan yang digunakan , 
selanjutnya pembuatan agar dengan memasukkan agar dengan aquadest dan didihkan dengan api kecil Kemudian semua bahan  pembuatan media MS dimasukkan dalam panci dan diaduk hingga homogen serta dilakukan pengukuran pH larutan 5,5 – 5,8 jika terlalu asam maka perlu ditambahkan NaOH, apabila terlalu basa maka ditambahkan HCL hingga pH sesuai dengan yang diinginkan. Setelah larutan siap dilakukan penuangan media ke dalam botol kultur kira – kira 5ml dan tutup botol sampai rapat. Kemudian sterilisasi media menggunakan autoklaf manual selama 20 menit dengan suhu 121˚C dan tekanan 1,5-1,7 psi. Media yang teah di sterilkan di simpan di ruang penyimpanan


1 Response to "PEMBUATAN MEDIA MS KULTUR JARINGAN TANAMAN"